Banjir Bandang di Sumatera Barat, Enam Orang Korban Jiwa

PADANG (UMMAT Pos) — Banjir terjadi di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat (2/10). Akibatnya, jembatan di Kecamatan tersebut putus dan rubuh diseret banjir bandang.

Dalam video yang diunggah Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho di akun Twitter-nya @sutopo_PN, Jumat (2/11) terlihat debit air meningkat karena intensitas hujan yang meninggi.

Tak hanya jembatan yang putus, banjir bandang juga mengakibatkan korban jiwa sebanyak enam orang. Banjir dan tanah longsor juga terjadi di sejumlah daerah di Sumatera Barat dalam dua hari terakhir. Banjir dan longsor disebabkan hujan lebat yang mengguyur beberapa hari terakhir.

Kepala Biro Humas Pemda Provinsi Sumatera Barat Jasman Rizal menyebutkan tiga orang tewas akibat terseret banjir bandang di Nagari Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, pada Kamis malam. Kemudian tiga lainnya dikabarkan meninggal dunia akibat tertimbun longsor di Parik Malintang, Kabupaten Padang Pariaman, pada malam sebelumnya, Rabu (10/10).

Selain korban tewas, empat warga Kabupaten Tanah Datar dinyatakan hilang terseret banjir.

Berdasarkan catatan BPBD Sumbar, ada enam daerah yang dilanda musibah, yakni Kota Sawahlunto, Kabupaten Lima Puluh Kota, Pasaman, Pesisir Selatan, Kabupaten Pasaman Barat, Tanah Datar, dan Padang Pariaman. Hingga saat ini pencarian korban masih terus dilakukan.

Laporan: Zulkifli Tri Darmawan

Editor: Faisal

PILIHAN REDAKSI