Tanggapi soal ucapannya terkait mobil esemka, Ma’ruf Amin: Saya bohongi siapa?

JAKARTA (UMMAT Pos) — Calon Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin mendapat pertanyaan tentang kelanjutan mobil esemka, yang menurut beberapa pemberitaan, dirinya pernah mengungkapkan bahwa Oktober ini akan ada peluncuran mobil Esemka.

Dalam tanya jawab usai rapat pimpinan Majelis Ulama Indonesia di gedung MUI, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat, pada Selasa (06/11/2018), Rois Aam PBNU ini menyebut dirinya tidak membohongi siapapun soal peluncuran mobil Esemka. Menurutnya, ada orang yang akan memproduksi mobil buatan dalam negeri Indonesia itu secara massal.

“Ya itu kan ada orang, gak ada urusan dengan pemerintah, ada orang mau memproduksi, katanya,” ungkap Makruf saat ditanyai wartawan tentang adanya tanggapan bahwa dirinya menyebarkan hoaks terkait peluncuran mobil Esemka.

Mak’ruf pun mengungkapkan bahwa produksi mobil Esemka bukan tanggung jawab pemerintah, sehingga hal itu menjadi tanggung jawab orang yang mengatakan kepadanya bahwa Esemka akan diluncurkan pada Oktober 2018.

“Ya, mau jadi, mau nggak, ya urusan orang itu. Saya bohongi siapa,” ujarnya singkat.

Sebelumnya, pada Kamis, 27 September 2018, Calon Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebut mobil Esemka akan diluncurkan pada bulan Oktober. “Bulan Oktober nanti akan diluncurkan mobil nasional bernama Esemka, yang dulu pernah dirintis oleh Pak Jokowi. Akan diproduksi besar-besaran,” kata Ma’ruf Amin di Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris), Jember.

Namun, hingga memasuki awal bulan November 2018, mobil Esemka belum juga diluncurkan, kenyataan ini membuat beberapa sebagian masyarakat menilai Ma’ruf Amin berbohong.

Reporter: Abdullah Jundii

Editor: Faisal

PILIHAN REDAKSI