Akibat Bau Durian Menyengat Di Kabin, Pesawat Ini Ditunda Pemberangkatannya

JAKARTA (UMMAT Pos) — Sebuah penerbangan maskapai Sriwijaya Air terpaksa menunda keberangkatannya selama satu jam di Bengkulu, Sumatera, setelah penumpang yang sudah berada di dalam pesawat memprotes bau durian yang menyengat di dalam kabin penumpang.

Seorang wartawan yang kebetulan berada di pesawat itu melaporkan beberapa penumpang mulai berdebat dengan pramugari dan nyaris terlibat adu fisik.

“Kita sempat ribut dengan petugas bandara karena kita menolak untuk terbang sebelum durian tersebut diturunkan dari pesawat,” ujar Coki Latupono, salah seorang penumpang pesawat tersebut.

Penumpang kemudian keluar dari dalam kabin pesawat lantaran menolak untuk terbang kecuali muatan durian itu dikeluarkan.

Maskapai Sriwijaya Air akhirnya setuju untuk mengeluarkan muatan berisi buah durian dari kargo, dan penerbangan itu baru diterbangkan setelah keberangkatannya terlambat satu jam dari jadwal.

Menurut Coki kejadian terseut mengingatkannya pada peristiwa yang menimpa Mandala Airlines tahun 2005 di Medan, yang menewaskan 149 orang, dimana beban durian seberat 2,7 ton pada awalnya dianggap sebagai penyebab kecelakaan tersebut.

Penyidik yang memeriksa mesin pesawat itu menemukan bau yang kuat dari muatan durian.

“Saya ingat kejadian Mandala yang gagal take off di Medan gara-gara membawa durian,” tulis Coki melalui akun medsosnya.

Sementara itu Pihak Manajemen Sriwijaya kemudian merilis permohonan maaf atas insiden tersebut.

“Dear partner, kami atas nama PT Sriwijaya Air Group menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami. Kami akan terus mengupayakan perbaikan agar ke depannya hal serupa tidak terulang kembali kepada seluruh pelanggan setia Sriwijaya Air Group. Terima kasih” kata maskapai itu.

[fm/fb/abc]