Dubes Saudi Bantah Isu Larangan Haji Bagi Jamaah Palestina

JAKARTA (UMMAT Pos) — Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Osama Mohammed Abdullah Al Shuaibi mengklarifikasi isu pelarangan jama’ah haji palestina ke tanah suci.

“Masalah pelarangan haji yang beritanya sudah tersebar di dunia internasional, sebenarnya berita ini tidaklah benar dan tidak ada ke absahannya karena diambil dari sumber yang tidak benar pula.” ujar Syekh Osama dalam sesi wawancara dengan ratusan awak media di Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Menurut Osama, berita yang benar adalah bahwa adanya pembatasan kuota haji, namun pembatasan tersebut bukan hanya diterapkan untuk Palestina. Negara-negara lain pun diberi pembatasan yang sama.

“Apabila kita analogikan dengan indonesia dengan penduduk sebanyak 220 juta, dan memiliki kuota haji sebannyak 220 ribu kuota haji. Maka sama halnya dengan Palestina. Kita ketahui jumlah penduduk palestina hanya 7 juta, jadi palestina punya kuota 7 ribu jamaah haji. Dari jumlah 7 ribu jamaah tersebut, seribu diantaranya mendapat biaya langsung dari raja saudi.” pungkasnya.

Sebelumnya beredar kabar dari sejumlah media internasional yang diikuti oleh media tanah air bahwa Arab Saudi melarang warga Palestina yang tinggal di Israel memasuki wilayah negaranya.

Laporan: Fadhlur Rahman Yusra

Editor: Faisal

PILIHAN REDAKSI