Tiru Masjid Nabawi, Masjid Raya Baiturrahman Dipasangi Payung Elektrik

Banda Aceh (UMMAT pos) — Gubernur Aceh Zaini Abdullah menggelar peluncuran awal (soft launching) payung Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. Landscape baru tersebut menyerupai payung yang dipasang di Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

Peluncuran tersebut ditandai penekanan tombol sirine oleh gubernur seiring terbukanya enam unit payung elektrik dari total 12 payung yang dibangun.

Kegiatan soft launching ini digelar di pekarangan masjid Baiturrahman, Senin (13/2/2017) malam. Prosesnya ditandai dengan menekan tombol sehingga payung secara perlahan terbuka. Hadir dalam acara tersebut di antaranya Wali Kota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal, Sekda Aceh Dermawan dan sejumlah pej abat terkait.

Pembangunan 12 unit payung elektrik ala Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi, merupakan bagian dari Pengembangan Proyek Landscape dan Infrastruktur Masjid Raya Baiturrahman. Pembangunan proyek ini telah dimulai pada tahun 2015 lalu.

Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah mengatakan, tujuan dan maksud dari pembangunan 12 unit payung besar seperti payung di Masjid Nabawi, Madinah, adalah untuk memperindah Masjid Raya Baiturrahman, juga sebagai sara kenyamanan beribadah para jamaah.

Zaini Abdullah mengatakan, ground breaking pengembangan landscape dan infrastruktur Masjid Raya Baiturrahman sudah dilaksanakan pada Juli 2015 lalu. Pengerjaan proyek yang ditarget selesai pada Juni tahun ini sudah mencapai 90 persen.

“Pengerjaan pembangunan tahap pertama sudah hampir rampung. Mudah-mudahan dengan izin Allah dan kerja keras semua pihak serta dukungan masyarakat Insya Allah pembangunan ini dapat diselesaikan sesuai rencana,” kata Zaini dalam sambutannya seperti dikutip detik.com.

Selain dibangun payung, lantai halaman masjid juga sudah bersolek. Jika sebelumnya rumput hijau, kini diganti dengan marmer. Selain itu juga dibangun basement yang digunakan untuk parkir kendaraan roda dua atau pun empat.

Dengan adanya soft launching ini, Zaini berharap semua pihak yang terlibat dalam proyek tersebut agar lebih memacu kinerjanya. Hal tersebut agar pembangunan landscape dan infrastruktur dapat diselesaikan tepat waktu.

PILIHAN REDAKSI