Sumber-sumber Asli Sejarah Jakarta Ada di Sini

JAKARTA (UMMAT pos) — Bagi yang ingin jelas dan terang tentang sejarah Jakarta, buku ini bisa jadi salah satu rujukan yang bisa dipertanggungjawabkan. Mengapa? Adolf Heukeun, penulisnya mengambil sumber informasi tentang sejarah Jakarta dari sumber aslinya yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Oke, kita mulai dari jild 1 yang berisi dokumen-dokumen sejarah Jakarta sampai akhir abad ke-16. Di bab 1 mengulas tentang Prasasti Tugu yang bercerita temtang raja Purnawarman dari kerajaa. Tarumanegara. Lalu, bab 2 berisi uraian tertua tentang kerajaan Sunda oleh Tome Pires dari Portugis. Catatan tentang Sunda Kelapa dalam berita pelayaran kelilling dunia oleh A Pigafetta. Juga diulas Sunda Kelapa direbut pasukan Cirebon-Demak. Kapal Portugis dihalau di Sunda Kelapa oleh Falatehan. Sumber-sumber Tionghoa dari abad 15 sampai 16. Ada pula disinggung naskah Tjarita Purwaka Nagari.

Nah, jilid ke-2 berisi dokumen sejarah kedatangan kapal pertama Belanda 1596 -1619. Isinya tentang dokumen asali bahasa Belanda, Inggris, Melayu, Jawa, Jerman serta Latin yang dialihbahasakan ke bahasa Indonesia.

Selanjutnya, jilid 3 berisi dokumen dasawarsa pertama kota Batavia (1619-1630) dan kutipan karya sastra Indonesia yang menyangkut awal mula Jakarta. Isinya, berupa naskah daerah seputar Batavia yang kosong, serangan Mataram ke Batavia. Nah yang menarik dijabarkan tentang sastra Indonesia Tjarita Parahijangan, Tjarita Purwaka Tjaruban Nagari, Babad Mataram, Sejarah Masyarakat Tionghoa di Jakarta dan Pesan Serat Sakendher. (Rachmad Sadeli).

Ingin lebih jelas tentang isi buku ini, datang saja ke Pustaka Betawi. Cilandak KKO, Gang Hikmah, RT06/08 No. 40, kelurahan Ragunan, Jakarta Selatan.

Sumber: www.majalahbetawi.com

PILIHAN REDAKSI