Di Perpustakaan Masjid Nabawi Tersedia Buku Berbahasa Indonesia

MADINAH (UMMAT Pos) — Sebagai salah satu masjid yang menjadi tujuan utama ziarah yang dianjurkan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, Masjid Nabawi juga ternyata menyediakan perpustakaan umum yang bisa diakses oleh siapa saja untuk membaca buku di dalamnya.

Perpustakaan Masjid Nabawi atau  مكتبة المسجد النبوي (Maktabah al-Masjid an-Nabawi)  ini berada di lantai 2 Masjid Nabawi. Anda bisa menggunakan eskalator untuk menuju ke sana. Begitupun ada hal unik di perpustakaan ini. Setiap informasi yang tercantum di layar monitor menggunakan tiga bahasa; Arab, Inggris dan Indonesia.

Perpustakaan ini didirikan pada tahun 1352 Hijriah atas usulan dari Direktur urusan Wakaf Kota Madinah, Syaikh Ubaid Madani. Kepala Perpustakaan yang pertama adalah Ahmad Yasin al-Khiyari. Sebagian buku-buku yang ada di perpustakaan ini merupakan buku yang diwakafkan sebelum berdirinya perpustakaan baru, antara lain wakaf dari Perpustakaan Syaikh Muhammad Aziz al-Wazir yang telah mewakafkan perpustakaannya pada tahun 1320 Hijriah. Dan buku-buku yang dimasukkan ke perpustakaan setelah pembangunan antara lain buku-buku yang berada di Raudhah asy-Syarifah yang di dalamnya terdapat buku sejarah pembangunan pendirian perpustakaan.

Perpustakaan terbagi menjadi 7 bagian:

1. Ruang Baca: Terdapat ruang baca untuk laki-laki dan ruang baca untuk perempuan.

2. Bagian Manuskrip: Terletak di lantai dua pintu ‘Ustman bin Affan.

3. Bagian Perpustakaan Suara: Terletak di Pintu 17 Masjid Nabawi, bagian ini bertugas untuk menyimpan kajian-kajian, khutbah-khutbah dan rekaman salat-salat di Masjid Nabawi.

4. Bagian Teknis: Terletak di Pintu 9, bagian ini bertugas untuk menyampulkan, membersihkan dan sterilisasi buku-buku dan manuskrip.

5. Bagian Klasifikasi, Katalog, Majalah dan Gudang: Terletak di Pintu 9.

6. Bagian Buku-buku Langka: Bagian ini bertugas untuk menyimpan buku-buku langka, dari segi sejarah percetakaan (buku lama), bentuk, dekorasi atau gambar.

7. Bagian Perpustakaan Digital: Terdapat komputer-komputer jinjing yang tersambung dengan jaringan lokal Masjid Nabawi dan jaringan internet, para pengunjung dapat memanfaatkan dan mencari buku-buku dan tema yang berbeda yang tersedia di perpustakaan masjid nabawi ini. Terdapat pula Program Maktabah Syamilah, Program al-Maktabah al-Islamiyyah, dan situs-situs islami di internet. Perpustakaan ini berada di barat pintu masuk Masjid Nabawi, pintu 12 lantai 2 masjid nabawi.

PILIHAN REDAKSI