Ibu Menlu Retno Makin Sibuk Jelang Kunjungan Raja Salman

DEPOK (UMMAT Pos) – Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno LP Marsudi, semakin sibuk menjelang kunjungan kenegaraan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al Saud. Pria berusia 81 tahun itu dijadwalkan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Rabu 1 Maret 2017 dan tetap tinggal di Indonesia hingga 9 Maret.

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Belanda itu harus memastikan segala persiapan untuk menyambut Raja Salman berjalan baik. Menlu Retno bahkan tidak bisa berlama-lama ketika menyampaikan kuliah umum bertema ‘Diplomasi Indonesia: Tantangan-Tantangan di Masa Depan’ di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

“Maaf kepada para mahasiswa, saya ingin lebih lama. Tetapi saya harus mengurusi kedatangan Raja Salman dua hari lagi, saya harus roller coaster lagi ke Istana,” ujar lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) itu sembari tertawa, dilansir JPNN, Senin (27/2/2017).

Menlu Retno menyebut kunjungan Raja Salman merupakan momen bersejarah bagi Indonesia. Sebab, kunjungan Raja Arab Saudi ke Indonesia terakhir kali adalah 47 tahun silam, yakni ketika Raja Faisal melawat ke Jakarta pada 1970 di era Presiden Soeharto. Karena itu, persiapan harus berjalan baik.

Lebih lanjut Retno mengatakan, kunjungan Raja Salman juga akan mempererat hubungan Indonesia dengan Arab Saudi. Salah satunya kerja sama ekonomi di bidang energi.

“Dengan delegasi yang cukup besar harus betul-betul disambut dengan baik. Kerja sama akan dilakukan baik substansi dan nonsubstansi di bidang ekonomi,” tegas Retno seperti dikutip okezone.

PILIHAN REDAKSI