Abdul Aziz Al-Faghm, Sang Pengawal yang Mencuri Perhatian Publik

Sosok Brigadir Jenderal Abdul Aziz Al-Faghm, pengawal Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud mencuri perhatian publik di sela-sela kunjungan Raja Arab Saudi itu ke Indonesia.

 

JAKARTA (UMMAT Pos) — Sosoknya yang tegap tinggi besar, berkepala plontos, dan berwajah dingin selalu terlihat mendampingi Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud. Dia adalah pengawal pribadi raja Saudi bernama Kolonel Abdul Aziz Al-Faghm yang selalu terlihat waspada tingkat tinggi.

Pada 2015 lalu situs Arab News menyebut dia sudah bertugas mengabdi di Kerajaan Saudi selama sepuluh tahun.

“Kita sudah sering melihat dia bersama raja, dalam seragam hitam, tapi tak pernah tahu namanya. Dia tentu sudah bertugas dengan sangat setia,” ujar seorang warga bernama Muhammad Al-Abdulqadir di media sosial Instagram.

Faghm diketahui lulusan Kampus Militer Raja Khalid pada 1991 dan ditugaskan dalam unit Brigade Khusus sebelum akhirnya ditempatkan sebagai bagian dari tim pasukan pengawal kerajaan. Ayahnya pernah mengabdi sebagai ajudan Raja Abdulaziz selama 30 tahun.

Sejarawan dan pengamat militer Thomas Wictor menyebut Faghm mempunyai sejumlah keistimewaan. Dia adalah pemegang lencana Pasukan Elit Saudi, Pasukan kontra-terorisme tingkat satu dan dua, serta pasukan gegana. Yang lebih hebat lagi, dia meraih semua itu hanya dalam waktu sepuluh tahun. Sebagai prajurit dengan jabatan Birgadir Jenderal yang biasanya berusia 50-an tahun, dia masih berusia 20-an tahun.

Al-Faghm juga pernah menerima penghargaan Prajurit Pemberani dua tahun lalu, yang berarti dia pernah bertugas di medan tempur. Selengkapnya Faghm punya sembilan lencana istimewa.

Abdul Aziz Al-Faghm juga memiliki kemampuan untuk menerbangkan pesawat maupun helikopter dalam kondisi darurat.  Selain itu, pria ini juga memiliki kemampuan menyelam di laut yang sangat profesional.

 

PILIHAN REDAKSI