Raja Salman takjub Indonesia punya 800 ribu Masjid

JAKARTA (UMMAT Pos) — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis Al Saud terkejut dengan banyaknya jumlah masjid di Indonesia. JK yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia itu menyebutkan ke Raja Salman bahwa Indonesia memiliki 800 ribu masjid yang tersebar di seluruh Tanah Air.

“Saya bilang saya Ketua Dewan Masjid, 800 ribu masjid di sini, terkejut dia,” kata JK usai melepas keberangkatan Raja Salman ke Brunei Darussalam di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (4/3).JK mengatakan terkejutnya Raja Salman itu terjadi saat dirinya melakukan pertemuan di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, Jumat (3/3) siang. Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu menambahkan, delegasi Arab Saudi yang mendampingi Raja Salman juga terkejut mengetahui banyaknya jumlah masjid di Indonesia.

“Semua terkejut,” katanya.

Raja Salman lalu bercerita ke JK dengan menyebutkan bahwa Arab Saudi memiliki banyak masjid pula. Raja Salman, kata JK, menilai Indonesia dan Arab Saudi banyak memiliki persamaan.

“Dia masjid besar, kita masjid banyak, hampir sama maknanya,” tegasnya.

Dalam kesempatan bertemu Raja Salman, JK juga menyampaikan rasa terimakasihnya sebagai penganut muslim karena Raja Salman telah cukup baik menjadi penjaga dua kota suci, Mekkah dan Madinah.

Sebelumnya dikabarkan Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla menggelar pertemuan dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud di Hotel Raffles, Jakarta. Pertemuan tersebut tertutup bagi media dan berlangsung sekitar 30 menit.

“Pembicaraan berlangsung santai dan Raja Salman sangat antusias dalam pertemuan dengan Pak Jusuf Kalla,” ujar juru bicara pribadi Jusuf Kallah, Husain Abdullah, di Jakarta, Jumat (3/3).

Husain mengatakan, inti pembicaraan dari pertemuan tersebut yakni Arab Saudi berkomitmen untuk melaksanakan semua kerja sama yang telah disepakati dengan Pemerintah Indonesia. Selain itu mereka juga menyampaikan komitmen untuk meningkatkan kerja sama bilateral dengan Indonesia di berbagai bidang.

Pertemuan tersebut juga membahas kelanjutan kerja sama yang sudah dicapai selama kunjungan Raja Salman ke Indonesia. Tak hanya itu, wapres juga menyampaikan terima kasih atas layanan yang baik terhadap jamaah haji Indonesia yang setiap tahun datang ke Mekah dan Madinah untuk menunaikan ibadah haji.

PILIHAN REDAKSI