Raja Salman Datang, Penerbangan Indonesia ke Arab Saudi Unlimited

JAKARTA (UMMAT Pos) — Kunjungan kenegaraan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud ke Indonesia memberi banyak keuntungan bagi penerbangan kedua negara. Indonesia kini bisa menambah frekuensi penerbangan sebanyak-banyaknya ke kota-kota di Arab Saudi.

“Bila sebelumnya dibatasi penerbangannya, kini Pemerintah Indonesia diberi kebebasan dalam jumlah penerbangan ke lima bandara di Arab Saudi seperti di Jeddah, Riyadh, Madinah, Damam, dan Thaif. Sekarang unlimited, bisa berapa saja frekuensi penerbangan ke Arab Saudi,” kata Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso di Jakarta, Rabu 8 Maret 2017.

Dalam kunjungan Raja Arab Saudi itu telah ditandatangani 11 perjanjian kerja sama kedua negara, salah satu yang direalisasikan adalah terkait nota kesepahaman otoritas penerbangan RI dan otoritas penerbangan Arab Saudi. Penandatanganan dilakukan Menteri Transportasi Arab Saudi dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Sedangkan untuk maskapai Arab Saudi‎ yang ingin terbang ke Indonesia dengan kebijakan yang sama, bisa mendarat di lima bandara, yaitu Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Tangerang), I Gusti Ngurah Rai (Bali), Kuala Namu (Medan), Juanda (Surabaya), dan Sultan Hassanudin (Makassar).

Direktur Angkutan Udara Maryati Karma menambahkan, saat ini total penerbangan maskapai Indonesia ke Arab Saudi sebanyak 35 kali dalam satu minggu. “Dengan adanya kebijakan ini, maka maskapai bisa lebih sering lagi dan tengah menjajaki penerbangan ke Arab Saudi,” katanya.

Seperti diketahui, maskapai Nasional yang sudah terbang ke Arab Saudi di antaranya Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, dan Air Asia Group. “Jadi dulunya 35 kali , kita dari Arab 35 kali per minggu ke sana 35 . Perjanjian itu harus resiprokal. Kedua sisi sama.

Menurut dia, di dalam perjanjian kerja sama tidak disebutkan kapan waktu kerja sama berakhir. Dengan demikian, kerja sama sektor penerbangan Indonesia dan Arab Saudi bisa terus dilakukan tanpa ada keterbatasan waktu. “Sampai ada perubahan lagi bebas sampai kapan aja. Jalan terus,” tuturnya.*

PILIHAN REDAKSI