Delegasi Kerajaan Arab Saudi Minta Hadiah Potongan Kiswah Dipajang Di Istiqlal

JAKARTA (UMMAT Pos) — Saat menerima potongan kain penutup Ka’bah (Kiswah) dari Raja Saudi Arabia Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saud, Kepala Bidang Protokol dan Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah mengatakan pengelola masjid tersebut mendapatkan amanat dari orang terdekat raja.

Ia menjelaskan, amanatnya yakni untuk merawat Kiswah yang diberikan oleh raja berusia 81 tahun itu.

Pihak kerajaan ingin agar Kiswah pemberian Raja Salman segera dibingkai dan dipajang sehingga masyarakat luas bisa melihat barang yang dipercaya memiliki banyak berkah tersebut.

“Sekretaris Pribadi Raja Salman dan orang terdekat beliau (meminta), ‘tolong (Kiswah) ini dibingkai yang bagus, lalu dipajang,” ujar Abu, saat ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (3/3/2017).

Amanat tersebut mengacu pada besarnya minat Warga Negara Indonesia (WNI) untuk bisa umroh atau menunaikan rukun islam yang kelima, yakni Haji.

“Karena kan minat orang Indonesia untuk pergi umroh atau pergi haji itu sangat tinggi ya,” jelasnya.

BACA JUGA: Dibingkai, Kiswah Hadiah Raja Salman Terpasang di Mesjid Istiqlal

Abu menambahkan, setidaknya dengan adanya ‘tanda kasih’ dari Raja Salman, bisa mengobati kerinduan umat islam yang belum mendapatkan kesempatan mengunjungi kota suci Mekkah, Saudi Arabia.

“Minimal ini untuk obat rindu lah kalau nggak ada uang (untuk umroh atau haji), ya ke Istiqlal aja untuk lihat Kiswah,” tegasnya.

Ia pun menegaskan, lebih baik masyarakat mengunjungi Masjid Istiqlal daripada pergi ke mall.

Selain untuk menunaikan ibadah dan mendapatkan pahala, masyarakat juga bisa melihat Kiswah yang sangat dimuliakan umat islam.”Daripada ke mall, mending ke Istiqlal aja,” katanya.

Sebelumnya, Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saud memberikan Kiswah kepada Masjid Istiqlal yang diwakili oleh Imam Besar masjid tersebut, yakni Nasaruddin Umar.

Pemberian Kiswah tersebut dilakukan saat raja dari negara kaya minyak itu mengunjungi masjid terbesar se-Asia Tenggara itu untuk menunaikan salat sunnah Tahiyatul Masjid.

Selain didampingi Presiden RI Joko Widodo, sang raja juga didampingi oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Imam Besar Masjid Istiqlal.

PILIHAN REDAKSI