Keren, Mobil Rakitan Tim Fakultas Teknik Mesin UI Bisa Capai 350 Km/Liter

SINGAPURA (UMMAT Pos) — Sebagai juara bertahan di kategori urbanconcept bermesin bensin atau gasoline, tidak membuat Tim Sadewa Universitas Indonesia menganggap enteng Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2017. Untuk mencapai target Tim Sadewa harus membangun ulang kembali mobilnya selama setahun.

“Kami mengubah total bentuk mobil yang lebih aerodinamis dan lebih ringan 5 kg dari sebelumnya seberat 15 kg,” kata manager Tim Sadewa Jefri Alfonso Sigalingging pada reporter detikOto Zaenal Effendi, di Changi Exibition Singapura.

Mahasiswa Fakultas Teknis Mesin UI semester 6 ini juga mengungkapkan kalau bodi mobilnya saat ini menggunakan bahan serat karbon sehingga meringankan berat mobil.

“Untuk urusan mesin kami gunakan mesin sepeda motor 125 cc dengan bermain di ECU serta di bagian ratio bahan bakar dan udara,” ungkap dia.

Dengan modifikasi total, mobil Sadewa lanjut Jefri mampu melaju 350 km/liter gasoline 95. “Selain itu sebagai penebus kegagalan saat final tahun lalu di London yang gagal saat kualifikasi karena kendala mesin,” ujar Jefri.

Pemuda 20 tahun ini juga mengungkapkan kendala yang dialami selama memodifikasi Sadewa yakni kendala alat manufaktur yang masih manual dengan tenaga manusia.

Sumber: oto.detik.com