Koperasi Syariah 212 Luncurkan Pembangunan Apartemen

DEPOK (UMMAT Pos) — Koperasi Syariah 212 meluncurkan pembangunan apartemen tower 212 di Depok, Jawa Barat, Ahad (19/3).

Hadir dalam acara peluncuran tersebut Ketua Dewan Ekonomi Syariah 212 M. Syafii Antonio, Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna, Direktur Pemasaran Apartemen Grand Zamzam Guntur Subagja, Direktur Utama PT Griya Sarana Akbar M. Rangga,  dan CEO PT Griya Sarana Jaya Properti Bey Witjaksono.

BACA JUGA: Koperasi Syariah 212 Siap Buka 200 Minimarket

Koperasi Syariah 212 bersama pengembang menawarkan Tower 212 kepada masyarakat, dan rencananya akan dibangun di sejumlah tempat.

Informasi di media resminya, koperasisyariah212.co.id menyebutkan produk-produk yang telah diluncurkan dalam rangka menunjang pertumbuhan Koperasi Syariah 212, dikembangkan beberapa produk antara lain produk pendanaan, pembiayaan, dan pengembangan usaha.

Produk Pendanaan

  1. Simpanan pokok
    Simpanan pokok merupakan kontribusi al musahamah atau saham yang dimiliki oleh anggota di Koperasi Syariah 212 yang dibayarkan sekali oleh anggota, yakni sebesar Rp 212.000. Simpanan pokok ini tidak dapat diambil kecuali anggota berhenti menjadi anggota atau mengundurkan diri.
  2. Simpanan Wajib
    Simpanan wajib merupakan kontribusi al musahamah atau saham yang dimiliki oleh anggota di Koperasi Syariah 212 yang dibayarkan sekali sebulan sebesar Rp 10.000 atau sekali setahun sebesar Rp 120.000 oleh anggota. Simpanan wajib ini tidak dapat diambil kecuali anggota berhenti menjadi anggota atau mengundurkan diri.
  3. Tabungan Investasi/Simpanan Sukarela
    Tabungan Investasi merupakan kontribusi dana dengan akad mudharabah mutlaqoh yang akan dikelola secara syariah oleh Koperasi Syariah 212. Tabungan Investasi ini adalah suatu kekuatan koperasi yang sesungguhnya. Tabungan ini tidak ada batas maksimum berapa dana yang disimpan, karena semakin besar dana yang disimpan akan semakin baik. Untuk sementara akan dikembangkan beberapa tabungan investasi antara lain :

– Tabungan investasi untuk pengembangan waralaba dan jaringan ritel
– Tabungan investasi untuk pengembangan properti syariah
– Tabungan investasi untuk pengembangan Lembaga Keuangan Syariah (LKS)

Seluruh tabungan investasi berjangka waktu 12 bulan dan dapat diperpanjang untuk periode berikutnya.

  1. Wakaf Tunai Produktif
    Wakaf tunai produktif merupakan terobosan untuk mengoptimalkan potensi sosial ummat dalam bentuk wakaf tunai. Sesuai dengan undang-undang yang berlaku wakaf tunai dapat dikelola oleh LKS seperti perbankan syariah, ataupun Koperasi yang telah mendapat izin dari departemen koperasi. Besar harapan dengan wakaf tunai produktif ini dapat dikembangkan kerja sama- kerja sama dengan lahan-lahan wakaf yang masih idle seperti lahan-lahan yang strategis di dekat pasar dapat dibangun ruko atau apartemen, karena dibangunnya ruko atau apartemen maka lahan tersebut dapat menjadi produktif dan hasil keuntungannya dapat dikembalikan kepada ummat sementara asetnya akan tetap menjadi aset wakaf.
PILIHAN REDAKSI