Hukuman Mati Warga Saudi Di Jeddah, Bukti Persamaan Hukum

JEDDAH (UMMAT Pos) — Pengadilan Propinsi Jeddah, Saudi Arabia,  melakukan eksekusi atas Ibrahim bin Muhammad Az-Zubaidy Warga negara Saudi yang terbukti membunuh Sa’id Az-Zubaidy dengan menggunakan tongkat yang mengenai kepala dan anggota tubuh lainnya.

Pengadilan pada terdakwa yang berlangsung selama ini menunjukkan bahwa pelaku terbukti melakukan pembunuhan tersebut sehingga dijatuhi hukuman mati yang pelaksanaannya hari Kamis 30/3/2017, setelah upaya akhir permohonan maafnya ditolak oleh keluarga terbunuh.

Berita eksekusi WN Saudi ini menepis anggapan bahwa tereksekusi hukuman mati hanya warga asing saja. Pemerintah Saudi Arabia memang menerapkan hokum Qishaas (hukuman mati bagi pelaku pembunuhan) yang menyebabkan kasus pembunuhan di Saudi Arabia boleh dibilang paling sedikit di seluruh dunia.

Pada kasus terpidana qishaas ini pemerintah tidak punya hak membatalkan karena hilngnya nyawa adalah urusan keadilan bagi keluarga korban, maka hukuman mati bisa dibatalkan hanya dengan pemaafan dari keluarga korban.

PILIHAN REDAKSI