KSA Normalisasi Tunjangan PNS dan Militer

RIYADH (UMMAT Pos) –  Salah satu poin dalam dekrit yang dikeluarkan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis pada Sabtu, 22-4-2017 lalu menyebutkan pemulihan kembali tunjangan keuangan bagi pegawai negeri sipil dan personil militer yang sebelumnya dipotong guna melakukan langkah-langkah penghematan.

Seperti disiarkan di televisi pemerintah TV Ekhbariya yang dikutip VoA Indonesia diantaranya menyebutkan bahwa “Dekrit kerajaan memulihkan semua tunjangan, tunjangan finansial, dan bonus kepada pegawai negeri dan staf militer.”

Dekrit itu membatalkan perintah, yang menyatakan pemotongan dilakukan sebagai reaksi atas anjloknya harga minyak, sumber utama penerimaan negara. Dikatakan, langkah-langkah itu telah membantu menempatkan kerajaan pada jalan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dalam program reformasi ekonominya, Vision 2030, yang mencakup perbaikan pendapatan negara dan pembatasan defisit anggaran.

Sebelumnya pada September lalu, Arab Saudi memotong gaji menteri sampai 20 persen dan mengurangi bonus bagi pegawai sektor publik, salah satu langkah paling drastis yang diambil kerajaan kaya minyak itu guna menghemat uang manakala harga minyak turun. Itu langkah pemotongan gaji pertama bagi pegawai negeri, yang merupakan sekitar dua pertiga orang Saudi yang bekerja.[fm/voa].

PILIHAN REDAKSI