Apa Kabar Pabrik Perakitan Mobil Esemka?

JAKARTA (UMMAT Pos) — Di negara dengan tingkat daya beli masyarakat yang cukup tinggi seperti di Indonesia, Pabrik perakitan menjadi salah satu elemen penting bagi eksistensi sebuah merek otomotif

Dengan adanya pabrik perakitan di Indonesia, potensi untuk menjual lebih banyak kendaraan semakin tinggi karena ongkos produksinya bisa lebih ditekan ketimbang mengandalkan impor. Belum lagi pasar ekspor yang juga dapat dipenuhi.

Setidaknya ada sejumlah pabrik perakitan baru yang akan mulai beroperasi dan bakal “menelurkan” mobil baru tahun ini salah satunya adalah PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), produsen mobil Esemka yang yang terletak di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali.

Pabrik Esemka ini juga diklaim menyerap banyak tenaga kerja dari wilayah sekitar. Bahkan, kata Seno Samudro, bupati Boyolali, Jawa Tengah berdasarkan pembicaraannya dengan mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Hendropriyono, ribuan lulusan SMK se-Solo Raya siap direkrut untuk sumber tenaga kerjanya.

Mengutip komentar Hendropriyono kepada Seno seperti dikutip Okezone mengatakan bahwa nilai investasi pembangunan pabrik mobil itu mencapai Rp2,1 triliun.

“Adapun mengenai lokasi pabrik di Boyolali, itu sesuai arahan Presiden Jokowi,” tambahnya.

Sebelumnya, Esemka juga berencana akan menggunakan pabrik di kawasan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Pabrik itu sedianya berbagi tempat dengan perusahaan mobil asal China, Geely.[fm]

PILIHAN REDAKSI