Duterte Ajak Para Pemimpin Negara ASEAN Perangi Narkoba

MANILA (UMMAT Pos) – Dalam pidatonya saat membuka acara puncak KTT ke-30 ASEAN di Philippine International Convention Centre, Manila, Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte mengajak para kepala negara anggota ASEAN untuk bersama-sama memerangi peredaran narkoba.

Dilansir dari Asian Correspondent, Sabtu (29/4/2017), mantan wali kota Davao City itu menegasan perlunya mewujudkan ASEAN yang bebas narkoba. “Saya melihat bagaimana narkoba telah mengakhiri harapan, impian, masa depan, dan bahkan kehidupan banyak orang, terutama kaum muda,” tutur Presiden Rodrigo Duterte.

“Aparat yang terlibat perdagangan narkoba ilegal itu masif, tetapi tidak bisa ditembus. Dengan kemauan dan kerjasama politik, bisa dibongkar, bisa dihancurkan sebelum narkoba menghancurkan masyarakat kita,” sambung pria berusia 72 tahun itu.

Dengan mengeluarkan ajakan tersebut, Presiden Rodrigo Duterte tampak tidak sama sekali terpengaruh oleh kritik dunia internasional terkait kebijakan perang narkoba di negaranya.

Keseriusan Duterte dalam memberantas Narkoba patut menjadi cermin pemberantasan peredaran narkotika, psikotropika, dan zat adiktif yang membahayakan generasi muda di negaranya.

Sebagaimana diberitakan the Philipine, hanya dalam dua pekan pertama masa kepresidenan Rodrigo Duterte, lebih dari 100 pengedar narkoba dibunuh, 1,844 ditangkap dan 66,000 pemakai dan pengedar narkoba menyerahkan diri. Kepolisian Nasional Filipina mengklaim, sebagian besar korban tewas karena melawan saat hendak ditangkap. [fm]