Jelang Islamic Book Fair Mei 2017, Wisata Literasi Islami Terbesar Se-Tanah Air

JAKARTA (UMMAT pos) — Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) kembali akan menggelar Islamic Book Fair (IBF) pada 3-7 Mei 2017 di Jakarta Convention Center (JCC). IBF 2017 ini merupakan pameran yang ke-16 diselenggarakan oleh Ikapi DKI Jakarta.

Pada IBF 2017 ini, panitia mengangkat tema tentang ‘Membangun Peradaban Melalui Literasi Islam’. Tema ini diangkat sebagai upaya dari Ikapi DKI Jakarta dalam mendorong minta baca masyarakat agar semakin meningkat.

Sekitar 300 stan peserta yang disediakan panitia penyelenggara, baik untuk peserta penerbit buku, maupun non-penerbit seperti halal food, busana muslim, travel haji, poperti, peralatan permainan anak, dan lain sebagainya.

Ketua Ikapi DKI Jakarta, Hikmat Kurnia menjelaskan, tema yang diusung panitia penyelenggara Islamic Book Fair (IBF) 2017, yakni ‘Membangun Peradaban Melalui Literasi Islam’ sebagai upaya lembaga tersebut untuk menciptakan manusia cerdas dan unggul.

Persiapan – Seorang pengunjung Toko Buku sedang memilih mushaf Al Quran jelang bulan suci Ramadhan

Untuk menciptakan manusia yang unggul dan cerdas tersebut, kata Hikmat, maka manusia itu harus membaca dan menulis. “Tidak mungkin ada kecerdasan dan keunggulan manusia tanpa gerakan membaca dan menulis,” ujarnya menegaskan.

Dilansir laman republika, Ia menambahkan, dunia Islam sangat mengedepankan pentingnya ilmu pengetahuan. Hal ini dibuktikan dengan ayat pertama yang diturunkan kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, yakni iqra’  (membaca). “Dalam agama lain juga demikian, semuanya mendorong tumbuhnya gerakan literasi ini,” ujarnya.

Sementara Ketua Dewan Pertimbangan Ikapi  DKI Jakarta Afrizal Sinaro mengatakan, literasi adalah kemampuan dalam menangkap makna yang tersimpan dalam berbagai pesan yang dibaca, lalu direspons makna itu secara tepat sebagai  dasar untuk memutuskan sesuatu sebelum bertindak. Wujud literasi adalah terjadinya konsistensi antara yang dibaca, dipikirkan, diucapkan dan dilakukan, sesuai dengan makna apa yang dibaca.

“Dengan adanya event IBF Ikapi DKI yang diadakan sekali satu tahun ini, dengan menghadirkan ribuan buku ilmu pengetahuan dan buku Agama Islam tentunya bisa menjadi satu gerakan umat Islam yang cerdas ber-ilmu dan cerdas ber-iman. Keberadaan IBF sangat penting untuk mendukung kebangkitan literasi Islam,” kata Afrizal. [fm]

PILIHAN REDAKSI