Tak Sengaja, Gambar Manuver TNI AU Bentuk Lafadz ALLAH Mencuri Perhatian Publik

JOGJAKARTA (UMMAT Pos) — Sebuah gambar Atraksi Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU yang melakukan manuver udara menjadi viral di media sosial.

Foto tersebut diambil saat acara Jogja International Air Show (JIAS) 2017 yang digelar di Pantai Depok, Bantul, pada Minggu (30/4) kemarin.

Di foto yang jadi perbincangan hangat warganet ini, terlihat 6 pesawat membentuk formasi. Dua di paling ujung bahkan dalam posisi miring. Dari asap yang dikeluarkan 6 pesawat itu, ternyata membentuk lafal Allah.

Namun ternyata, hal tersebut bukanlah disengaja. Formasinya memang sudah dilatihkan, tapi untuk bentuk lafal Allah, Kadispen TNI AU Marsma Jemi Trisonjaya menegaskan bahwa itu bukan bentuk kesengajaan.

“Tidak sengaja, itu mungkin kebesaran Allah, sehingga bisa membentuk tulisan Allah,” jelas Jemi seperti dilansir detiknews, (3/5).

Tim Jupiter memang memiliki banyak manuver dalam setiap penampilannya. Namun yang paling terkenal adalah manuvernya yang membentuk hati atau love di udara.

“Kalau yang love memang formasi yang dibuat dan dilatihkan,” terang Jemi.

Berbagai manuver Tim Jupiter lainnya seperti menyilang, manuver olak-alik dan meluncur tegak lurus ke atas. Biasanya 6 pesawat jenis KT-1 Wong Bee tersebut mengeluarkan asap di ekornya. Atraksi Tim Jupiter yang menegangkan tersebut menjadi daya tarik tersendiri. (elz/van/detik)