Kunjungi Dubes KSA, Gubernur Aceh Ingin Mengundang Investor Kerajaan Arab Saudi

JAKARTA (UMMAT Pos) — Sehubungan rencana pemda Aceh mengundang investor Kerajaan Saudi Arabia ke bumi serambi mekkah ini. Duta Besar (Dubes) Kerajaan Saudi Arabia untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi meminta Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah mengirimkan surat khusus kepada Raja Salman

Syekh Al Shuaibi menyampaikan hal tersebut ketika menerima kunjungan Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah di Kedubes Saudi Arabia, Jakarta, Rabu (3/5). Dubes Arab ini berpandangan bahwa perusahaan raksasa Saudi Arabia, Aramco, bisa menerima proposal Aceh untuk berinvestasi di bidang perminyakan di ladang minyak milik Aceh.

Dubes menyampaikan terima kasih atas kunjungan gubernur Aceh dan menyampaikan antara Arab Saudi dan Aceh memiliki kesamaan yang kuat. Menariknya, Dubes merasa sangat dekat dan punya hubungan batin dengan Aceh karena ada turunan kabilah Al Khalidi di Aceh. Dubes Osama berasal dari kabilah tersebut.

Gubernur juga menjelaskan bahwa, Islam datang ke Nusantara melalui Aceh dan hubungan pedagang Arab sudah terjalin sejak Kerajaan Peureulak dan Kerajaan Pasee.

“Hubungan itu terus berlanjut sampai sekarang, ditandai dengan banyaknya bantuan Saudi Arabia kepada Aceh terutama.ketika Aceh mengalami peristiwa tsunami,” kata gubernur.

Gubernur Aceh Zaini Abdullah dalam pertemuan itu menyampaikan bahwa Aceh sangat membuka pintu lebar-lebar terhadap masuknya investor Arab Saudi “Kami ingin Arab Saudi juga berinvestasi di Aceh, sebagai tindak lanjut dari kunjungan Raja Salman ke Indonesia beberapa waktu lalu,” kata Gubernur Zaini.

Dalam pertemuan itu juga disinggung mengenai berbagai aset wakaf baitul Asyi atau aset wakaf Aceh yang ada di Saudi Arabia. (fik)

PILIHAN REDAKSI