Bersikukuh Lanjutkan Reklamasi, Luhut: Jangan Terus Menuduh Macam-macam, Kami Juga Punya Harga Diri

JAKARTA (UMMAT Pos) — Menko Kemaritiman, Luhut B Panjaitan, berencana untuk mengajak semua pihak yang memiliki kewenangan terkait reklamasi untuk duduk bersama dan berdiskusi secara ilmiah. Baik yang mendukung reklamasi maupun yang menentang reklamasi diwajibkannya datang dengan membawa data.

Ia juga menepis tudingan yang mengatakan bahwa dirinya berusaha melobi Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan, terkait kelanjutan proyek reklamasi. Luhut menegaskan belum menghubungi Anies.

“Jadi jangan terus menuduh macam-macam, kami juga punya harga diri, kami enggak mau macam-macam, jangan asal bicara,” tandasnya saat meninjau Tempat Pelelangan Ikan Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (6/5).

BACA JUGA: Rencana Temui Anies, Luhut Ingin Reklamasi Pantai Utara Jakarta Tetap Dilanjutkan

Luhut menjelaskan bahwa pihaknya sedang menyiapkan (data kajian dari Bappenas) dan kalau sudah selesai ia akan mengundang semua pengambil keputusan termasuk yang menentang reklamasi.

“Kita bicara secara ilmiah di mana salahnya, nanti teknisnya kita diskusikan secara ilmiah di mana salahnya, jadi enggak asal ngomong aja,” katanya.

Luhut juga menyampaikan bahwa apa yang dilakukannya semata-mata demi kemajuan bangsa.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menjelaskan keinginan Presiden Joko Widodo agar proyek Giant Garuda Project dan proyek reklamasi 17 pulau di sekitar Kepulauan Seribu diambil alih Pemerintah Pusat.

Presiden Jokowi menginginkan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk menyelesaikan rencana besar proyek tersebut selama 6 bulan.[fm]

 

PILIHAN REDAKSI