Tolak Program Unggulan Anies-Sandi Dalam APBD Perubahan 2017, Ahok: Dia Boleh Usul Saja

JAKARTA (UMMAT Pos) — Program rumah dengan DP nol persen yang dicanangkan Anies-Sandi tampaknya tak bisa segera terealisasi. Hal itu lantaran dalam penyusunan APBD Perubahan 2017, Pemda DKI sekarang belum pasti akan memasukannya dalam anggaran.

“Kami lagi proses selesaikan (penyusunan APBD Perubahan), dia (Anies-Sandi) boleh usul saja,” kata Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama di Balaikota Jakarta, Jumat (5/5).

Ahok secara tegas akan menolak permintaan pihak Anies-Sandi agar program rumah DP nol persen dimasukkan dalam pembahasan. Sebab, selain masih merupakan kewenangan masa pemerintahannya, Ahok menilai program tersebut tidak masuk akal.

“Tapi kalau usul, mesti sediakan uang (anggaran) supaya DP nol persen, bunga nol persen, ya nggak masuk akal. Menyediakan uang, warga bisa cari rumah sendiri, boleh beli sendiri, ya menyalahi aturan, kami nggak bisa,” tegas Ahok.

Sebelumnya, tim pemenangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno akan membentuk tim transisi, yang diminta dilibatkan untuk pembahasan APBD Perubahan 2017 agar memasukkan program Anies-Sandi, termasuk program rumah DP nol persen.

Ahok menyarankan agar program DP nol persen dimasukkan ke dalam anggaran yang kewenangan pembahasannya sudah milik Anies-Sandi nantinya. Namun, Ahok mempertanyakan anggaran untuk mewujudkan program tersebut.

“Kalau dia mau bikin ya silahkan, dia bikin sendiri. Duit dari mana? Semua warga boleh cari rumah sendiri, DP nol persen, cicilan bunga nol persen dari mana? Kami nggak bisa,” pungkas Ahok.(ipk/rmol/mam/JPG)

 

PILIHAN REDAKSI