Diputus Penjara 2 Tahun, Ahok Nyatakan Banding

JAKARTA (UMMAT POS) – Baru saja usai pembacaan putusan rangkaian sidang kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok, hari ini Selasa 9 Mei 2017. Ahok dinyatakan majelis hakim terbukti melakukan tindak pidana dalam Pasal 156a KUHP, yakni secara sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan permusuhan, penyalahgunaan, atau penodaan terhadap suatu agama.

Setelah hakim membacakan amar putusan, majlis hakim menanyakan apakah terdakwa mengajukan banding?, dan setekah berkonsultasi dengan tim penasehat hukumnya maka Ahok menyatakan akan melakukan banding.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah menuntut Ahok dengan menjatuhkan pidana penjara selama 1 tahun dengan masa percobaan 2 tahun.

Majelis Hakim yang dipimpin Dwiarso Budi Santiarto, dalam pembacaan vonisnya mengatakan, sejumlah hal yang memberatkan terdakwa adalah perasaan tidak bersalah atas apa yang dilakukannya sebagai tuduhan penodaan agama, kedua, apa yang dilakukan terdakwa mencederai kerukunan beragama. [MAA/FM]

PILIHAN REDAKSI