Rudal Pemberontak Houthy Hancur Sebelum Capai Target, Warga: Alhamdulillah Nikmat dari Allah

RIYADH (UMMAT Pos) — Kantor berita resmi Saudi, SPA, mengutip sebuah pernyataan oleh koalisi pimpinan Saudi pada hari Jumat lalu bahwa pihaknya telah mencegat dan menghancurkan sebuah rudal Houthi di provinsi Ar Rayn, Arab selatan, sekitar 200 km sebelah barat Riyadh.

Rudal tersebut jatuh di sebelah utara kota Ar Rayn di daerah kosong tak berpenduduk setelah sebelumnya dilumpuhkan oleh pasukan khusus anti serangan udara Saudi Arabia.

Dari keterangan salah seorang warga setempat, Abu Yazid Nurdin, di desa Al Hajjaajy, salah satu desa di Ar Rayn menyebutkan bahwa para warga justru mengetahui kejadian ini dari berita radio pemerintah Saudi pagi harinya.

“Alhamdulillah, kami di utara Rayn tidak mendengar adanya letusan atau kejadian yang aneh. Kami mengetahui kejadian ini dari berita radio pemerintah Saudi tadi pagi. Langsung saja setelah itu kami mencari beritanya di internet. Ternyata memang benar,”katanya

Dengan bertahmid ia menyebut gagalnya serangan tersebut sebagai salah satu nikmat dari Allah. Di dalam ancaman namun masih merasa aman.

“Bahkan kami tak tau kalau daerah kami kejatuhan rudal,” pungkasnya.

Serangan Houthi terjadi sehari jelang kunjungan pertama Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump ke Riyadh untuk menghadiri Konferensi Saudi-AS tentang isu-isu Timur Tengah.

Ini adalah ketiga kalinya dalam hampir dua bulan Houthi mengklaim menembakkan rudal balistik ke sasaran militer di Arab Saudi. Namun semuanya dicegat dan dihancurkan tanpa menimbulkan korban jiwa.

Pemberontak Houthi menggulingkan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi dan menguasai Yaman utara pada bulan September 2014. Pada bulan Maret 2015, untuk mendukung Hadi, Arab Saudi memimpin sebuah koalisi militer Arab untuk memerangi pemberontak Houthi, yang menguasai sebagian besar wilayah utara Yaman, termasuk Sanaa.

Perang telah menewaskan lebih dari 10.000 orang, setengah dari mereka adalah warga sipil, dan membuat lebih dari dua juta orang mengungsi, menurut badan-badan kemanusiaan.  [fm/sabq.org/xinhua/spa]