Kecam Iran, di Hadapan Pemimpin Dunia Peserta KTT, Raja Salman Bertekad Melenyapkan ISIS

RIYADH (UMMAT Pos) — Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud mengecam Iran sebagai negara pelopor terorisme ke seluruh dunia. Hal ini disampaikan dalam pidato sambutannya saat kunjungan Presiden AS Donald Trump ke kerajaan tersebut, Ahad, (21/5/2017).

“Tanggung jawab kita di hadapan Tuhan dan rakyat kita dan seluruh dunia adalah untuk bersatu untuk melawan kekuatan kejahatan dan ekstremisme dimanapun mereka berada, Rezim Iran merupakan ujung tombak terorisme global,” kata Raja Salman di hadapan pemimpin dunia peserta KTT Arab Islam Amerika.

Raja Salman menyebut dunia tidak mengenal adanya kelompok eksteremis sebelum adanya revolusi Khoemini.

“Kita tidak tahu terorisme dan ekstremisme hingga revolusi Khomeini muncul,” ujarnya.

Raja juga mengatakan bahwa Arab Saudi tidak akan bersikap lunak kepada siapapun yang mencoba mendanai terorisme. “Kami tidak akan pernah bersikap lunak kepada siapapun yang mendanai terorisme, dengan cara atau cara apa pun, dengan kekuatan hukum yang sama,” ungkap Raja Salman.

Kedatangan Trump ke Arab merupakan lawatan pertamanya ke mancanegara sejak menjabat sebagai Presiden AS. Antara AS dan Arab telah menghasilkan kesepakatan komersial dan politik senilai hampir USD 110 miliar pada Sabtu (20/5).

Nilai kerja sama itu disebut tertinggi sepanjang sejarah AS. Kerja sama di bidang pertahanan antara lain kesepakatan sebesar USD 6 miliar dengan Lockheed Martin untuk membuat helikopter Blackhawk di Saudi yang membantu negara itu mengembangkan industri pertahanannya. [fm]

PILIHAN REDAKSI