Wapres JK Panggil Dubes Arab Saudi dan Qatar Bahas Krisis Diplomasi Kawasan

JAKARTA (UMMAT Pos) — Juru bicara Wakil Presiden Husain Abdullah mengatakan, Wakil Presiden telah memanggil Duta Besar (Dubes) Arab Saudi Osama bin Mohammed Abdullah al-Shuaibi dan Duta Besar Qatar YM Ahmad bin Jassim Mohammed Ali Al-Hamar.

Keduanya dipanggil secara terpisah untuk mengetahui latar belakang krisis diplomatik di Timur Tengah.

Pertemuan tersebut berlangsung secara tertutup. Usai pertemuan, tak ada pernyataan yang keluar dari kedua dubes tersebut.

“Bapak Wapres memanggil keduanya secara terpisah, untuk mengetahui latar belakang situasi di Timur Tengah serta kondisi terkini kawasan Teluk, dari kedua pihak,” ucap Husain ketika dikonfirmasi, Jumat (9/6/2017).

Dalam kesempatan itu, ia mengungkapkan, Wapres Jusuf Kalla menawarkan bantuan diplomatik dari Pemerintah Indonesia.

“Wapres juga menyampaikan apa yang bisa dibantu oleh Indonesia untuk negara-negara sahabat tersebut yang tengah dilanda masalah diplomatik,” tegas Husain.

Bukan hanya itu, menurutnya JK sangat memberikan perhatian terhadap konflik Arab Saudi dengan Qatar. Bahkan sudah memanggil Menlu Retno Marsudi.

“Kamis kemarin Pak Wapres juga memanggil Menlu RI Retno Marsudi, untuk meminta informasi seputar Timur Tengah,” kata Husain.

Dalam kesempatan itu, Wapres Jusuf Kalla memberikan masukan agar semuanya diselesaikan secara dialog. “Mengedepankan langkah-langkah dialog,” pungkas Husain.[fm]

PILIHAN REDAKSI