Google Bayar Pajak, Menkominfo: Reputasi Jauh Lebih Tinggi Nilainya Ketimbang Nilai Settlement

JAKARTA (UMMAT Pos) —  Menkominfo Rudiantara di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (14/7/2017) menyampaikan apresiasinya atas pelunasan tunggakan pajak dari Google Asia Pacific Pte Ltd.

Meskipun melalui proses yang cukup panjang, namun hal tersebut dinilai demi menjaga reputasi Google sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia.

“Perusahaan seperti Google beroperasi di Indonesia, Asia Tenggara, tidak ingin ada cacat. Artinya mereka tidak akan mencederai aturan. Nah mereka pasti menjaga reputasi perusahaan, tidak akan mengorbankan reputasi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Rudiantara seperti seperti  dikutip detik menyebut Google telah dikenal sampai pelosok dunia. Kewajiban pajak seharusnya memang bukan suatu kendala untuk dilaksanakan.

Tahapan selanjutnya, menurut Rudiantara adalah agar Google bisa menjadi Badan Usaha Tetap (BUT) di Indonesia.

“Itu reputasi kan jauh lebih tinggi nilainya ketimbang nilai settlement,” tegas Rudiantara.

Pihaknya akan mengajak Kementerian Keuangan serta Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) agar seluruh aturan yang diperlukan bisa rampung.

“Tinggal bagaimana Google bicara dengan Kemenkeu dan DJP untuk settlement. Settlement itu atas yang sudah lewat. Kalau itu sudah oke, ke depan bisa enak lah aturannya,” pungkasnya. (fm/detik)