Amien Rais Temui Habib Rizieq di Arab Saudi

JAKARTA (UMMAT Pos) — Sejumlah media daring terkemuka tanah air mengunggah foto-foto mantan Ketua MPR RI, Amien Rais sedang bersama tokoh GNPF MUI, Habib Rizieq Shihab di Mekah, Arab Saudi.

Dari foto-foto yang diterima redaksi Ummatpos hari ini, terlihat Habib Rizieq mengenakan pakaian ihram warna putih berjabat tangan dengan Amien di sebuah ruangan hotel. Di foto yang lain, Rizieq berpose dengan Amien dan dua orang lain yang berpakain putih.

Kuasa Hukum Habib Rizieq Shihab, Sugito Atmo Pawiro mengkonfirmasi pertemuan antara Habib Rizieq Shihab dan Amien Rais. Sugito menyatakan Habib Rizieq dan Amien bertemu saat keduanya menjalankan ibadah umrah.

Sugito mengatakan, Imam Besar FPI dan tokoh Partai Amanat Nasional (PAN) berbicara seputar dunia politik di Tanah Air. “Jadi mengenai masalah dunia politik yang semakin kacau banyak intimidasi ulama dan politisi yang  dikriminalisasikan itu saja,” kata Sugito, Kamis (15/6).

Mengutip laman Republika, Sugito lebih lanjut menjelaskan bahwa Habib Rizieq bukan hanya bertemu dengan Amien, tetapi ia juga bertemu sejumlah orang. Salah satu yang turut dalam pertemuan itu adalah Hanafi Rais, putra Amien.

Pertemuan itu pun dipastikan Sugito terjadi di Tanah Suci. Meski demikian, Sugito belum mengetahui pasti kota di mana Amien dan Rizieq bertemu. “Iya di Makkah dong kan pakai ihram. Kalau nggak di Makkah dan di Madinah tapi yakin di Makkah. Jadi sekarang umrohnya berkali-kali Habib,” kata dia.

Bahkan, menurut Sugito, Amien dan Habib Rizieq bertemu bukan hanya sekali. Menurut dia, dua orang yang sedang terlibat masalah hukum di tanah air itu bertemu beberapa kali. “Kalau misal di Makkah empat hari ketemu, pak Amien sempat beberapa kali mau berkunjung,” kata Sugito.


Sebelumnya, ulama asal India, Zakir Naik juga dikabarkan bertemu dengan Rizieq Shihab. Sugito pun membenarkan pertemuan itu. “Kebetulan ada Syekh Khalid ulama terkenal di Saudi mau silaturahmi imam besar Masjidil Aqsa ibunya meninggal dan lagi takziyah itu ketemu di sana,” kata Sugito menceritakan. [fm]

PILIHAN REDAKSI