Terbang ke Turki, Presiden Mampir di Aceh Ucapkan Selamat Kepada Gubernur-Wagub Baru

 JAKARTA (UMMAT Pos) —  Dalam perjalanan ke Turki, Presiden Joko Widodo menyempatkan singgah di Aceh untuk memberikan ucapan selamat kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh terpilih periode 2017-2022, yaitu Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah.

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022 dilaksanakan pada Rabu ini pukul 09.00 WIB di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh terpilih ini tidak dilakukan di Istana Negara Jakarta sebagaimana gubernur dan wakil gubernur terpilih provinsi lain.

Laman resmi Kementerian Dalam Negeri menyebutkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sudah menjelaskan bahwa untuk Provinsi Aceh, gubernur dan wakil gubernur tidak dilantik langsung oleh Presiden.

Payung hukum yang digunakan bukan Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Pemda), melainkan UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh.

Pada Pasal 69 huruf c UU Nomor 11 Tahun 2006 disebutkan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan gubernur/wakil gubernur dilakukan oleh mendagri atas nama Presiden Republik Indonesia di hadapan Ketua Mahkamah Syariyah Aceh dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA). [fm]

PILIHAN REDAKSI