Tetap Sekolah Meski di Dalam Bungker, Cermin Semangat Belajar Anak-anak Suriah

SURIAH (UMMAT Pos) — Namanya sekolah Al-Hayat, tiga tahun silam sebuah rudal mendarat di sisi gedung sekolah dengan puluhan siswa yang sedang belajar. Tidak berhenti di rudal pertama, selang beberapa menit rudal-rudal lain membombardir seisi sekolah dengan ledakan yang lebih besar. Setidaknya 13 siswa meregang nyawa hari itu, 25 jiwa lainnya mengalami luka-luka.

“Serangan pada tanggal 5 November 2014 terhadap sekolah dasar Al-Hayat di Al-Qaboun, Damaskus timur merupakan memori buruk yang harus dipikul anak-anak Suriah akibat kekejaman konflik di Suriah”, pernyataan Hanaa Singer, UNICEF Representative for Syria.

Sekolah Al-Hayat sudah rata dengan tanah, namun kegiatan belajar mengajar tetap harus dijalankan. Meski saat ini kedamaian masih jauh dari kenyataan, namun masa depan anak-anak Suriah harus tetap terus tercerahkan. kini kegiatan belajar mengajar terus dijalankan. Dengan kondisi yang nampak aman, kendati tak lagi nyaman.

Puluhan siswa-siswa tersebut akhirnya terpaksa menuntut ilmu di dalam bungker setelah sekolah lama mereka hancur. Bungker di bawah sebuah gedung kosong, dibersihkan, dicat ulang, dan diubah selayaknya kelas-kelas sekolah dasar pada umumnya. Alhamdulilah, anak-anak ini tetap ceria dan semangat bersekolah. Meski saat ini mereka harus duduk berhimpitan, berebutan menghirup udara segar, tidak ada lapangan bermain, dan tidak ada jendela untuk melihat pemandangan indah di sekitar.

Pecahnya konflik kemanusiaan yang sudah bertahun-tahun melanda hampir di seluruh penjuru negeri Suriah, berdampak buruk pada proses pendidikan di sana. Jutaan anak-anak Suriah kini harus putus sekolah. Bangunan-bangunan sekolah yang bentuknya tak lagi berupa, rusaknya fasilitas-fasilitas penunjang pendidikan, hingga semakin minimnya tenaga pengajar, seakan menutup jendela cakrawala para generasi penerus Suriah untuk bisa maju dan berkembang menjadi bangsa yang besar. Dan ini adalah hal yang tidak bisa dibiarkan.

Bayangkan apabila kondisi anak-anak Suriah terjadi di dekat kita, atau terjadi pada anak-anak kita, sanggupkah kita memalingkan muka? [fm/act]

PILIHAN REDAKSI