Raja Salman Batal Hadiri KTT G20 di Tengah Krisis Diplomatik

BERLIN (UMMAT Pos) — Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Azis batal menghadiri KTT G20 pada pekan ini di Hamburg, menurut pernyataan pemerintah Jerman, saat Riyadh terlibat sengketa diplomatik dengan Qatar.

“Pemerintah menerima pemberitahuan resmi bahwa Raja Salman tidak akan menghadiri KTT G20,” ujar juru bicara pemerintah Jerman kepada AFP.

Raja Salman (81) akan diwakili oleh Menteri Keuangan Mohammed al Jadaan, menurut laporan kantor berita Jerman DPA.

Pemimpin Arab Saudi tersebut semestinya menghadiri pertemuan dengan para pemimpin negara-negara maju dan berkembang terbesar dunia yang tergabung dalam G20 pada Jumat dan Sabtu.

Menurut laporan media Jerman, delegasi Arab Saudi menyewa seluruh kamar hotel mewah Vier Jahreszeiten (Four Seasons) di Hamburg untuk raja dan delegasi menginap.

Arab Saudi dan sekutunya Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir terlibat sengketa diplomatik dengan Qatar, memutuskan hubungan udara, laut dan darat dan memutus rute penting untuk impor termasuk makanan.

Mereka menuduh Doha mendukung ekstremisme Islam dan terlalu dekat dengan rival regional mereka yaitu Iran, dan Qatar membantah keras semua tudingan itu.

Menteri Luar Negeri Jerman Sigmar Gabriel pada Senin melakukan perjalanan ke wilayah tersebut dan bertemu dengan rekannya dari Saudi Adel al-Jubeir serta mengunjungi UEA sebelum menuju ke Qatar dan Kuwait pada Selasa.

Kepala negara lain yang dilaporkan tidak akan hadir pada KTT G20 adala Presiden Brasil Michel Temer, yang mendapat tekanan dalam kasus penyuapan.

Sumber: KBN Antara
PILIHAN REDAKSI