Dirjen Imigrasi: Paspor Habib Rizieq Berlaku Hingga 2021

JAKARTA (UMMAT Pos) — Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham mengaku belum mendapat permintaan dari polisi untuk mencabut paspor Habib Rizieq.

“Belum ada permintaan (pencabutan paspor Habib Rizieq),” ujar Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie di kantor Kemenkumham, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (5/7/2017).

Dia juga mengatakan pihaknya tidak mempunyai kewenangan melakukan penindakan.

“Pencabutan paspor tidak bisa dilakukan kalau bukan atas inisiatif dari polisi,” kata Ronny.

Paspor yang dimiliki Habib Rizieq, lanjut Ronny masih berlaku hingga tahun 2021.

Disinggung mengenai kemungkinan deportasi, Ronny mengatakan kalau hal tersebut adalah kewenangan negara yang disinggahi oleh Habib Rizieq.

“Masa habisnya itu masih baru. Masih sampai 2021. Jadi masalah paspor nggak bisa. Kalau mau dideportasi nggak usah paspor, kalau visanya habis ya dideportasi. Itu tergantung kepentingan karena kewenangan mutlak dari setiap negara,” tuturnya.

Sebelumnya, permohonan red notice polisi ke Interpol untuk membantu menangkap Habib Rizieq juga telah ditolak karena dianggap tidak memenuhi syarat.

Polisi menetapkan status tersangka terhadap Habib Rizieq terkait kasus fitnah dugaan pornografi yang dinilai oleh pakar hukum tata negara, Prof. Yusril Ihza Mahendra sarat dengan muatan politis.

Terkait keberadaan Rizieq yang masih berada di Arab Saudi, Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan seperti dikutip detik mengatakan akan memberi hormat apabila Habib Rizieq pulang ke Indonesia.

“Saya akan angkat topi kalau beliau (Habib Rizieq) datang,” kata Irjen Iriawan kepada wartawan di Monas, Jakarta Pusat, Senin (19/6). [fm]

PILIHAN REDAKSI