King Salman Relief Center Salurkan Bantuan 19 Ribu Paket Makanan ke Rohingya

RIYADH (UMMAT Pos) – Pusat Bantuan Kemanusiaan Raja Salman baru-baru ini menyalurkan 19.404 paket makanan, untuk 116.424 penerima manfaat di wilayah Arakan, Myanmar.

Paket lebih dari 19 ribu paket makanan itu terdiri dari kebutuhan dasar keluarga termasuk beras, kacang, minyak sayur, ikan kering dan kurma, mengutip laporan kantor berita, Saudi Press Agency (SPA).

Pemerintah Myanmar secara resmi tidak mengakui Rohingya, menyebut mereka sebagai imigran ilegal, meskipun ketika dilacak akar sejarahnya, etnis Rohingya telah lama hidup dan tinggal di Myanmar selama beberapa generasi.

Muslim di Rohingya telah melarikan diri dari Myanmar sejak pertengahan 2012 setelah kekerasan komunal pecah di Rakhine antara etnis Rakhine Buddha dan Muslim Rohingya, menewaskan lebih dari 100 orang dan memaksa sekitar 140.000 Muslim Rohingya mengungsi.

Menurut perhitungan lainnya, Kekerasan tahun 2012 tersebut membuat sekitar 57 Muslim dan 31 Buddha tewas, sekitar 100.000 korban lainnya mengungsi di kamp-kamp dan lebih dari 2.500 rumah dihancurkan -. yang sebagian besar milik Muslim Rohingya

Sejumlah laporan LSM Internasional termasuk PBB menyebutkan temuan mereka tentang adanya penargetan disengaja dan pembunuhan tanpa pandang bulu serta penangkapan warga sipil Rohingya, penghancuran rumah-rumah dan bangunan keagamaan, juga pelecehan sesual pada perempuan Rohingya oleh pasukan militer harus diselidiki sepenuhnya oleh masyarakat internasional, karena tindakan-tindakan itu sama saja dengan kejahatan terhadap kemanusiaan.[fm/panjimas]

 

PILIHAN REDAKSI