Plagiat Lagi, Video Curhatan AFI di Youtube Ternyata Jiplakan Juga

JAKARTA (UMMAT Pos) — Asa Firda Inayah atau yang lebih dikenal dengan Afi Nihaya Faradisa seperti nama di akun medsos miliknya kembali terbukti melakukan aksi palgiarisme.

Kali ini pelajar yang sempat diundang menjadi narasumber di berbagai kampus dan forum akademis ini kembali menjiplak kata-kata dari video youtuber lain melalui video berdurasi 4:51 menit unggahannya.

Afi mengcopy-paste habis kata-kata dari pemilik akun bernama Amanda Todd, lengkap dengan kata-kata makian yang seolah-olah mewakili curahan hatinya yang merasa jadi korban bully.

Adalah Jonru Ginting, seorang penulis dan juga aktivis media sosial yang mengungkap fakta unik dibalik video unggahan Afi yang mengeluarkan kata-kata kasar seperti F*ck, B*st*rd dan A*shole dalam video tersebut.

Dalam postingannya, Jonru menyampaikan permohon maaf sebesar-besarnya, karena terpaksa men-share video asli yang dijiplak kata-katanya oleh Afi yang tampak memperlihatkan aurat seorang wanita.

Jonru menulis tujuannya menshare video ini adalah untuk menunjukkan kepada para pembela Afi, termasuk mereka yang telan mengundang Afi ke Istana, ke forum akademis dan sebagainya.

“Yaelah, Nduk. Hidupmu kok penuh dengan jiplakan? How can you do that?,” lanjutnya.

Jonru mengaku menyesal karena membuat surat terbuka untuk Afi dan menyebut dirinya¬†“langsung mules” ketika menonton VIDEO ASLI tersebut.

Pada awal postingannya, Jonru menulis

Pantesan aja, dia terlihat seperti membaca teks ketika rekaman. Ternyata emang lagi membaca transkrip.

Berikut link video asli yang dijiplak oleh si Afi (sila bandingkan dengan isi video jiplakan versi Afi berikut >> https://www.youtube.com/watch?v=c2ldE1XAKHE ). [fm/jonru]