1 Ton Sabu Selundupan Asal China Berhasil Disita Polri

JAKARTA (UMMAT Pos) — 1 ton sabu asal China dari jaringan Taiwan di Pantai Anyer, Serang, Banten berhasil digagalkan Tim gabungan Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dan Polresta Depok.

Barang haram tersebut diselundupkan ke lokasi dengan menggunakan perahu karet.

“Jalur dari Cina kemudian masuk ke Indonesia melalui laut. Kita akan mendalami lego jangkar di mana kapal, yang jelas, kapal perahu karet yang membawa barang bukti itu ke bibir pantai. Perahu karet cukup besar,” terang Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (13/7/2017).

Dalam operasi ini, pihak kepolisian menangkap 2 orang pria WN Taiwan, yang salah satunya ditembak mati. Satu orang lainnya melarikan diri dan masih dalam pencarian.

Mereka disergap ketika menurunkan barang di Hotel Mandalika.

“Barang datang dari China,” kata Iriawan.

Sebelumnya saat mendatangi lokasi penyelundupan sabu, Iriawan mengatakan, Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dan Polresta Depok sudah melakukan pengintaian selama 2 bulan.

Atas terungkapnya kasus tersebut, Polri juga bekerja sama dengan kepolisian Taiwan sehingga dapat menggagalkan penyelundupan sabu tersebut.

Adapun para pelaku dalam kasus ini adalah keempat orang tersebut yakni Lin Ming Hui (WN Taiwan-ditembak mati), Chen Wei Cyuan (ditangkap), Liao Guan Yu (ditangkap), dan Hsu Yung Li  (kabur).[fm]

PILIHAN REDAKSI