Bikin Gagal Paham, Beredar Foto Penusuk Hermansyah Duduk Santai, Semeja dengan Kapolda Metro

JAKARTA (UMMAT Pos) — Beredar viral di media sosial, foto pelaku penusukan Hermansyah, Edwin Hitipeuw (37) dan Lauren Paliyama (31) yang berbincang satu meja dalam suasana secara santai dengan jajaran kepolisian usai penangkapan mereka, Rabu (12/7/2017) dini hari.

Dalam foto tersebut pelaku tampak rileks tanpa ada penjagaan khusus atau diborgol, bahkan mereka disajikan minuman. Potret tersebut jelas menunjukkan perlakuan istimewa terhadap seorang pelaku kejahatan sadis.

Hal ini disampaikan Azam Khan, kuasa hukum ahli telematika Hermansyah yang juga Wakil Ketua Tim Pembela Ulama dan Aktivis (TPUA) seperti dikutip tribun. TPUA kemudian melayangkan protes terkait perlakuan khusus kepolisian terhadap pelaku penusukan klien mereka.

“Gambar yang beredar di medsos menunjukkan perlakuan istimewa terhadap seorang preman. Kalau berdasarkan etika tidak boleh seseorang yang sudah dinyatakan sebagai tersangka bisa duduk satu meja dengan Kapolda, Kapolres, serta jajaran kepolisian lainnya,” ujarnya saat dihubungi wartawan, Kamis (13/7/2017).

Azam Khan menyatakan beredarnya gambar tersebut bisa menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Itu etikanya di mana, kenapa saat itu juga tidak langsung dipakaikan baju tahanan, kan sudah dinyatakan sebagai tersangka. Justru pelaku tampak dilayani dengan baik, wajar kalau timbul keresahan di masyarakat,” terangnya.

Walaupun begitu ia tetap mengucapkan terima kasih kepada pihak kepolisian yang sudah secara sigap membekuk para pelaku.

“Tentu kami ucapkan terima kasih kepada polisi karena pelaku segera terungkap. Kami minta fakta-fakta yang ada diungkapkan sejelas-jelasnya,” pungkasnya. [fm/tribun]