10 Kebiasaan Sehat, Upaya Mencegah Kanker

Sebelum terlambat dan menyasal ada baiknya menyadari bahwa penyakit kanker saat ini menjadi momok baru yang tersebar berbagai kalangan. Bahkan fakta membuktikan masyarakat di pedesaan pun sudah banyak yang terkena berbagai kanker, baik kanker servik,  payudara, maupun kanker lainnya.

Hal ini tentu menunjukkan ada keadaan yang berubah baik dari faktor lingkungan yang lebih banyak polusi, ketersediaan makanan di pasaran yang relatif mengandung bahan kimia, maupun pola hidup manusianya.

Menurut jurnal kesehatan kesimpulan yang sangat penting dalam masalah kanker adalah:

a. Bibit kanker itu ada pada semua manusia, mereka yang pola hidup dan pola makannya “memberi makan” dan peluang untuk berkembangga sel kanker maka yang paling potensial terkena. Jadi milikilah kebiasaan sehat yang membuat sel kanker tersebut “kelaparan”, dan tidak bisa berkembang.

b. Daya tahan tubuh. Bahwa berkembangnya sel kanker itu berbanding terbalik dengan daya tahan serat kesehatan tubuh kita. Mereka yang daya tahan tubuhnya kuat maka bisa mengisolasi berkembangnya sel kanker.

c. Kondisi psikologis dan ketenangan jiwa. Ini adalah salah satu resep kesehatan umum bahwa jiwa yang tenang dan jauh dari stress lebih imun dari berbagai gangguan penyakit termasuk kanker.

Dari tiga kesimpulan diatas maka ternyata sangat penting sekali untuk membiasakan pola hidup dan pola makan yang secara langsung maupun tidak langsung berperan pada upaya mengisolasi dan “melaparkan” sel kanker dalam tubuh. Atau minimal tidak membuatnya berkembang.

Berikut 10 kebiasaan sehat itu :

1. Jauhi sebisa mungkin Gula ganti dengan madu manuka atau tetes dalam jumlah sedikit.

2. Hindari garam kimia, gunakan garam laut atau Aminos Bragg

3- Ganti susu dengan susu kedelai tawar

4- Kurangi lauk daging, perbanyak ikan.

5- Jangan pernah tinggalkan sayuran. Selain yang matang biasakan pula mengkonsumsi sayuran mentah dan jus sayuran karena sebagian enzim pada sayuran rusak pada suhu diatas 40%C.

6- Jangan membiasakan minum teh, kopi dan coklat karena mengandung kafein tinggi. Jika ngeteh pakelah teh hijau.

7- Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup tetapi hindari air suling yang asam dan air yang mengandung logam berat.

8- Suplemen yang tepat boleh dikonsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh (misal IP6 , Flor – ssence, Essiac , anti – oksidan , vitamin , mineral, EFAs dll). Tapi hati-hati karena banyak suplemen yang punya efek samping merugikan.

9- Jauhkan fikiran dari stres dan negatif (pemarah, dendam, iri dengki). Biasakan hidup tenang dan berfikir positif. Jalankan ibadah dengan baik, perbanyak doa dan dzkir serta selalu mendekatkan diri kepada sang Pencipta.

10. Mutlak diperlukan olahraga setiap hari agar suplai oksigen maksimal. Oksigen adalah penghancur sel kanker.

(Anwar Hamzah)

 

PILIHAN REDAKSI